Selasa, 07 Februari 2017

Cara Meningkatkan Kinerja Komputer Dengan Mendefrag


Sebagai pengguna komputer baik PC atau laptop, Anda tentu tidak akan terlepas dari rutinitas menginstal atau menghapus program baru, membuat, menghapus atau merubah file-file di hardisk komputer. Rutinitas yang berlangsung terus menerus ini akan menghasilkan fragmen (bagian atau pecahan) yang terpisah dan tidak terorganisasi. Misalnya, ketika Anda telah merubah sebuah file, hasil perubahan akan sering disimpan di tempat berbeda di hardisk komputer. Bagian atau pecahan file yang menyebar ini merupakan salah satu penyebab kinerja komputer menurun. Komputer akan menjadi lambat ketika menyimpan atau membuka file atau program.
Microsoft Windows memiliki perkakas bawaan (built-in) yang disebut dengan Disk Defragmenter untuk mengatasi masalah seperti ini. Disk Defragmenter mengkonsolidasi bagian atau pecahan file yang tersebar, kemudian menyusun ulang dan menyimpannya kembali ke ruang penyimpanan yang berdekatan di hardisk sehingga komputer dapat berjalan lebih cepat dan lebih efisien. Disk Defragmenter tidak hanya bisa digunakan pada disk saja tetapi juga bisa pada media penyimpanan lain seperti USB flash drive. Disk Defragmenter dapat berjalan otomatis dengan penjadwalan, namun Anda juga dapat menjalankan perkakas tersebut secara manual. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjalankan Disk Defragmenter secara manual:

Buka fitur fitur disk defragmenter, bisa melalui explorer atau juga control panel. Pada tutorial ini, saya membuka tools disk defragmenter melalui windows explorer. Posisi kita berada pada My Computer, kemudian klik kanan pada salah satu disk yang ada, bisa C, D, atau yang lainnya.
      Akan terbuka jendela properties, lalu pilih tabs Tools dan klik Defragment Now…



Maka akan terbukalah jendela disk defragmenter. Di jendela ini kita bisa melihat daftar disk yang ada pada komputer kita. Pilih salah satu disk yang ingin kita defrag. Jika sudah, klik Defragment disk.





Gambar dibawah ini menunjukan proses defragment yang sedang berlangsung. Dan tunggu hingga prosesnya selesai.




Gimana mudah bukan melakukan defrag terhadap hardisk? Begitulah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan kinerja komputer.


translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pos